Translate

Rabu, 30 Mei 2018

Info Kesehatan - Meski Enak, 4 Jenis Makanan Buka Puasa Ini Sebaiknya Dihindari


Sudikah kita untuk Tau?

Meski Enak, 4 Jenis Makanan Buka Puasa Ini Sebaiknya Dihindari


Waktu berbuka adalah momen yang paling ditunggu-tunggu sebab Anda akhirnya bebas untuk makan dan minum lagi. Beberapa di antara Anda mungkin ada yang menyiapkan menu berbuka puasa buatan sendiri atau beli di luar sambil ngabuburit. Namun, ada beberapa makanan buka puasa yang sebaiknya Anda hindari, lho. Penasaran apa saja makanannya? Simak ulasan berikut ini.

Makanan buka puasa yang sebaiknya dihindari

Setelah puasa sepanjang hari, tubuh Anda memerlukan asupan makanan untuk energi dan menormalkan kembali fungsi organ pada tubuh. Sayangnya, rasa lapar dan haus yang Anda tahan selama kurang lebih 13 jam membuat Anda lepas kendali saat memilih makanan untuk berbuka. Agar manfaat kesehatan dari puasa bisa Anda dapatkan secara maksimal, pilihan menu makanan juga harus sesuai.

Dilansir dari Shape, Saw Bee Suan, seorang ahli gizi dari Sunway Medical Center di Malaysia menjelaskan bahwa ada beberapa makanan untuk buka puasa yang harus dihindari. Ini supaya sistem pencernaan dan kesehatan Anda tidak terganggu selama bulan puasa. Makanan tersebut meliputi:

1. Makanan pedas

Banyak orang yang merasa makan tidak akan lengkap tanpa sambal. Ya, makanan pedas memang banyak digemari. Mulai dari lontong, risol, tempe goreng, dan makanan andalan saat berbuka lainnya pasti tidak lupa untuk ditambahkan dengan sambal atau bumbu pedas lainnya.
Jenis makanan ini sebenarnya kurang baik jika Anda makan saat berbuka. Kenapa? Selama berpuasa, tidak ada asupan makanan atau air yang masuk ke dalam perut sehingga perut menjadi kosong. Saat makanan yang masuk ke perut adalah makanan pedas, ini bisa membuat dada terasa panas dan sakit perut. Bahkan, parahnya bisa membuat Anda lemas karena harus bolak-balik ke kamar mandi akibat iritasi lambung.

Tips aman makan makanan pedas saat berbuka adalah mengisi perut Anda dengan makanan lain dulu. Misalnya yogurt, buah, atau kurma. Kemudian, jangan terlalu banyak menambahkan cabai, sambal, saus, atau bumbu pedas lainnya.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memang terasa renyah dan gurih. Itulah kenapa Anda sangat mengidam-idamkan risol, lumpia, pastel, dan gorengan lainnya untuk buka puasa. Walaupun enak, makanan ini tidak baik jika Anda konsumsi untuk buka puasa.

Makanan yang digoreng mengandung banyak kalori yang berisiko menambah angka timbangan Anda. Apalagi jika Anda sering makan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, gorengan sangat tinggi lemak, sehingga cenderung lebih lambat diproses dibanding zat lainnya. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Makanan tinggi gula

Selain makanan yang digoreng, makanan manis biasanya sangat populer untuk menu berbuka. Misalnya manisan buah, minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, sirup, dan makanan manis lainnya sering tersaji di atas. Makanan tersebut mengandung tinggi gula dan kalori, tapi rendah nilai gizinya.

Bila menu makanan buka puasa Anda seperti ini, kadar gula darah yang tadinya rendah bisa melonjak tinggi dengan cepat. Selain membuat Anda mudah haus dan meningkatkan nafsu makan lebih besar, berat badan juga akan bertambah naik. Parahnya, risiko terkena diabetes pun menjadi lebih besar.

4. Minuman berkafein

Kafein bisa ditemukan dalam berbagai jenis minuman. Terutama kopi, cokelat, dan minuman energi. Nah, orang yang terbiasa minum kopi pasti menantikan waktu berbuka untuk minum kopi. Padahal minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa mengiritasi lapisan lambung karena asam lambung diproduksi lebih banyak. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda terkena refluks asam lambung (GERD).


Apa saja sumber makanan sehat selama puasa?

Temukan jawabannya hanya di Klub Nyai Tante.

1 komentar:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus

Info Kesehatan - 4 Menu Sahur Sehat dan Lezat Bagi Anda yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Sudikah kita untuk Tau? 4 Menu Sahur Sehat dan Lezat Bagi Anda yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi Memiliki tekanan darah tinggi at...