Translate

Kamis, 24 Mei 2018

Info Kesehatan - Pilihan Olahraga Setelah Sahur yang Tak Akan Menguras Tenaga Anda


Sudikah kita untuk Tau?

Pilihan Olahraga Setelah Sahur yang Tak Akan Menguras Tenaga Anda


Memasuki bulan puasa bukan berarti Anda jadi tidak bisa berolahraga, justru ini kesempatan emas untuk meningkatkan kebugaran sambil berpuasa. Salah satu waktu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah setelah sahur. Olahraga setelah sahur tak perlu lama-lama dilakukan, sekitar 15-30 menit Anda bisa membuat tubuh lebih bugar saat puasa. Yuk ketahui apa saja olahraga setelah sahur yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

Apa saja olahraga setelah sahur yang bisa dilakukan?

Bagi Anda yang suka olahraga pagi hari, Anda tetap bisa melakukannya meski berpuasa. Namun tentunya dengan intensitas dan jenis olahraga yang berbeda. Meskipun Anda bisa olahraga di pagi hari, tapi harus tetap ingat untuk menyimpan energi sampai waktu berbuka nanti. Di pagi hari setelah sahur biasanya udara juga masih segar, dan matahari belum terlalu panas, sehingga tidak memicu rasa haus jika olahraga di waktu ini.

Olahraga setelah sahur yang bisa dilakukan dan memiliki intensitas yang ringan, seperti:

·         Jalan santai
·         Sit up dan push up
·         Bersepeda santai (kecepatan di bawah 5 meter per jam)
·         Latihan beban ringan
·         Yoga
·         Taichi

Cara lainnya untuk menentukan apakah suatu olahraga termasuk intensitas tingkat apa, Anda bisa melihatnya dari napas, jumlah keringat dan denyut nadi.

Misalnya, olahraga berjalan. Berjalan bisa jadi intensitas ringan atau juga sedang. Ini tergantung dengan kecepatan berjalan yang Anda lakukan. Jika dari hasil jalan-jalan tidak menimbulkan perubahan pada pola pernapasan, tidak menimbulkan keringat yang berarti, Anda masih bisa melakukan percakapan atau sambil nyanyi saat ini, denyut nadi Anda tidak meningkat terlalu kencang. Kalau semua jawabannya ya, olahraga Anda termasuk dalam intensitas ringan. 

Manfaat olahraga pagi hari setelah sahur yang sayang untuk dilewatkan

1. Menjadi lebih produktif

Berolahraga di pagi hari membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Tubuh jadi lebih terjaga dan siap beraktivitas. Efek ini membuat tubuh terasa lebih berenergi. Olahraga di pagi hari juga membuat otak lebih jernih dan lebih fokus. Meskipun sedang berpuasa, olahraga pagi yang tepat justru membuat hari Anda lebih produktif.

2. Membuat tidur malam lebih baik

Olahraga pagi hari juga membuat tidur malam Anda lebih baik. Aktivitas berolahraga di pagi hari membuat tubuh lebih bertenaga di siang hari dan rasa lelahnya biasanya muncul di penghujung hari.

Hal ini membuat waktu tidur Anda lebih teratur, dan kualitas tidur semakin baik. Keesokan harinya Anda akan lebih terasa bertenaga kembali karena kualitas tidur yang semakin baik ini.

3. Menjaga tekanan darah

Penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga pagi dibandingkan dengan yang olahraga siang dan malam mengalami penurunan tekanan darah lebih besar dan stabil. Apalagi untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, ini sangat membantu.

4. Metabolisme energi semakin lancar

Bagi Anda yang ingin punya berat badan mendekati ideal saat hari lebaran, melakukan olahraga pagi setelah sahur bisa jadi kuncinya. Saat berolahraga pagi ternyata memicu tubuh untuk membakar kalori. Olahraga pagi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak pun akan terjadi semakin cepat terjadi.


Bagaimana mengatur pola hidup sehat selama menjalankan puasa?

Temukan jawabannya hanya di Klub Nyai Tante.

1 komentar:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus

Info Kesehatan - 4 Menu Sahur Sehat dan Lezat Bagi Anda yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Sudikah kita untuk Tau? 4 Menu Sahur Sehat dan Lezat Bagi Anda yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi Memiliki tekanan darah tinggi at...